Karir Dosen

  • Dibaca: 1783 Pengunjung

Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mewajibkan dosen menjadi pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Undang-undang ini mengisyaratkan dosen wajib menjadi tenaga profesional dengan jenjang karir yang jelas melalui kenaikan jabatan akademik dosen dan kenaikan pangkat/golongan.

Dasar dan mekanisme kenaikan jabatan akademik dosen dengan filosofi pemberian penghargaan sudah dirumuskan secara adil, akuntabel dan bertanggung jawab. Ketentuang ini nyata tertuang dalam Permenpan dan RB RI Nomor 46 Tahun 2013 tentang Jabatan Dosen dan Angka Kreditnya dengan mengisi penilaian melalui DUPAK.

DUPAK dan PAK
Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) adalah formulir yang berisi keterangan perorangan dosen dan butir kegiatan yang dinilai dan harus diisi oleh dosen pengusul jabatan fungsional dalam rangka penetapan angka kredit.

Penetapan Angka Kredit (PAK) adalah formulir yang berisi keterangan perorangan dosen dan satuan nilai dari hasil penilaian butir kegiatan dan atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang telah dicapai dosen dan telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang. Informasi lebih lanjut terkait PAK Klik Di Sini

Dosen disarankan melihat pengumuman secara rutin atau berkonsultasi terkait informasi terkini perihal DUPAK, PAK, dan Jadwal Usulan Kenaikan Jenjang Jabatan Akademik Dosen di LLDIKTI wilayahnya masing-masing bagi Dosen Tetap Yayasan dan DPK atau di Perguruan Tinggi masing-masing bagi Dosen PNS.

Klik kontak LLDIKTI seluruh wilayah Indonesia untuk mengetahui informasi terkini di wilayah kerja LLDIKTI tempat Bapak/Ibu bertugas. Untuk LLDIKTI Wilayah VIII, informasi terkait pengajuan jabatan akademik dosen bisa Klik Di Sini

Dokumen terkait Usulan Jenjang Jabatan Akademik Dosen tahun 2021, silahkan unduh di bawah ini:

  • Usulan jenjang jabatan akademik Asisten Ahli dan Lektor, silahkan unduh DUPAK di sini
  • Usulan jenjang jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar, silahkan unduh DUPAK di Form Dupak LK & GB dan unduh ajuan biodata untuk mengisi detil kum dan karya ilmiah bidang penelitian di Form Ajuan Biodata LK & GB. Keduanya perlu diisi apabila Bapak/Ibu akan mengajukan usulan Lektor Kepala atau Guru Besar 
  • Formulir Peer Review sebagai syarat penting pengajuan jenjang karir dosen dapat diunduh di sini
  • Permenpan dan RB RI Nomor 46 Tahun 2013 tentang Jabatan Dosen dan Angka Kreditnya dan Pedoman Operasional PAK Tahun 2019 dapat diunduh di sini

Ketidakcukupan waktu dan adanya tantangan syarat administratif dalam mengumpulkan dokumen, pemenuhan kriteria penilaian, plagiarism check dan diwajibkannya dokumen tertelusur secara daring melalui repositori dan/atau website resmi, dosen sering enggan mengajukan jenjang jabatan akademik secara berkala.

Denpasar Institute sebagai Lembaga Riset & Pengembangan SDM rutin melakukan sharing usulan kenaikan jabatan akademik dosen.

Apabila bapak/ibu rekan dosen mau sharing saling menginspirasi dan memotivasi atau perlu informasi lebih lanjut dari pendamping, silahkan isi form di link ini http://bit.ly/jabatandosen

Mari bertumbuh bersama dengan jalan saling memberi inspirasi, motivasi dan asistensi dalam meningkatkan jenjang karir dosen. Apalagi, kita menyadari bahwa kendala umum bagi dosen untuk naikkan jenjang jabatan akademiknya terletak pada persoalan publikasi dan ketertiban administrasi.

Apabila Bapak/Ibu pimpinan perguruan tinggi minat gunakan isian form http://bit.ly/jabatandosen untuk memetakan kinerja dosen di PTnya masing-masing, silahkan jadikan inspirasi dan referensi.

Jika Bapak/Ibu pimpinan perguruan tinggi, terutama bagi PTS ingin meningkatkan profesionalisme dan kinerja pegawai maupun dosen serta mengajak mereka untuk melakukan monev mandiri (self-performance monitoring), silahkan manfaatkan aplikasi Mobile Performance List (MPL).

Aplikasi ini didesain sebagai instrumen Key Performance Indicators (KPI) menuju kejelasan Merit System. Mau manfaatkan aplikasi MPL dengan slogan aplikasi dari, oleh, dan untuk pegawaiKlik di sini

saling menginspirasi dan memotivasi, bertumbuh bersama di berbagai profesi

Inspirasi & Solusi Alternatif bagi Dosen:

1. kendala kurang kum penelitian, solusi kerjasama riset klik di sini

2. kendala kurang kum publikasi ilmiah, solusi klinik ilmiah klik di sini

3. kendala kurang kum modul, prosiding, buku dan artikel jurnal ilmiah, solusi terbitkan naskahnya klik di sini

4. kendala kurang waktu urus administrasi seperti scan SK dan lainnya, solusi hubungi kami klik di sini

5. kendala kurang kum pengabdian masyarakat, solusi abdimas bersama dengan pusat kajian klik di sini

6. kendala kurang kum penunjang, ikut jadi narasumber atau peserta kegiatan akademik klik di sini

7. kendala terjemahkan artikel ilmiah, PBSB siap beri solusi klik di sini

8. kendala telusur dokumen di repository, info pengembangan repository klik di sini

9. kendala cek plagiat, klik di sini