Kerjasama Riset

  • Dibaca: 5250 Pengunjung

Untuk meningkatkan kualitas dan pemanfaatan hasil penelitian, Kerjasama Riset sangat diperlukan. 

Denpasar Institute, Lembaga Riset & Pengembangan SDM membuka program kerjasama riset baik secara perseorangan maupun kelembagaan.

Kerjasama Riset yang dilaksanakan mencakup riset terkait isu dan topik kebijakan publik, demografi, sosial-budaya, pendidikan, pariwisata, pertanian, ekonomi, lingkungan, teknologi informasi, kesehatan masyarakat dan isu sejenis lainnya.

Hasil riset dapat disinergikan dengan kebutuhan lembaga, perusahaan ataupun keperluan perseorangan untuk kenaikan jabatan.

Tujuan Kerjasama Riset dari Denpasar Institute adalah:

  1. Memfasilitasi riset bersifat strategis yang dilakukan secara sinergi antara Denpasar Institute dan lembaga pemerintah, lembaga swasta ataupun perseorangan. 
  2. Meningkatkan mutu riset dan jumlah luaran melalui pemanfaatan sumberdaya dan fasilitas bersama (sharing ideas and resources)
  3. Mengutamakan azas kebermanfaatan hasil riset
  4. Menyusun kebijakan strategis yang terkait dengan pemecahan masalah di tengah masyarakat. 
  5. Menguatkan fungsi kelembagaan dan kapasitas perseorangan
  6. Menumbuhkembangkan kesadaran ilmiah antar lembaga dan antar warga masyarakat

Kami juga memahami bahwa berbagai faktor seperti masalah pekerjaan, waktu, keluarga, kecukupan jurnal referensi, dan faktor sejenis lainnya sering menjadi faktor penghambat bagi mahasiswa, dosen dan para peneliti menuntaskan risetnya.

Sebagian besar mahasiswa, dosen dan peneliti mengalami kendala waktu dan teknis seperti kesulitan ide, pemahaman tata cara penulisan ilmiah, penyusunan instrumen riset, pengumpulan data penelitian, analisis data, benturan waktu, dan kendala sejenis lainnya.

Menyimak fenomena ini, Denpasar Institute menyediakan kerjasama riset dalam bentuk Konsultasi Riset bagi mahasiswa, dosen dan peneliti dari berbagai instansi dalam hal scientific writing.

Keunggulan Denpasar Institute dalam konteks ini adalah bahwa kami mengutamakan proses edukasi dan motivasi untuk menikmati proses riset sebagai bagian dari kegiatan ilmiah. Menariknya, konsultasi dan kerjasama riset dilakukan secara online dan offline.

Kerjasama Riset ini didasarkan atas kepentingan untuk berbagi bertumbuh bersama dalam menangani berbagai persoalan melalui scientific research approaches.

Informasi lebih lanjut hubungi Divisi Riset dan Inovasi Denpasar Institute.