DPRD Karangasem Berkomitmen Kawal Peningkatan Kualitas SDM

  • Dibaca: 395 Pengunjung
  • |
  • 21 September 2022
  • |
  • Kontributor: Ni Putu Veny Narlianti, S.S., M.Hum.

Audiensi Kepala BPMP Provinsi Bali yang didampingi Konsultan Pendidikan dan manajemen BPMP dengan ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karangasem

DPRD Kabupaten Karangasem berkomitmen untuk terus mengawal peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Karangasem melalui perencanaan anggaran yang proporsional khususnya anggaran untuk bidang pendidikan. Hal itu disampaikan oleh ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karangasem I Wayan Sunarta, S.Pt pada saat menerima audiensi dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bali, di ruang Komisi III DPRD Karangasem, Senin, 19 September 2022. 

Dalam audiensi tersebut, Kepala BPMP Provinsi Bali, I Made Alit Dwitama, ST., M.Pd yang didampingi Konsultan Pendidikan dan manajemen BPMP, menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tengah mengimplementasikan program prioritas dalam episode Merdeka Belajar, yaitu Program Sekolah penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Perencanaan Berbasis Data, dan Program Guru Penggerak. Lebih lanjut disampaikan bahwa implementasi program prioritas tersebut memerlukan dukungan dari semua pihak termasuk dari DPRD, dalam bentuk dukungan kebijakan daerah dan proporsi anggaran daerah.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi III, menyampaikan bahwa pihak legislatif terus mengawal pemenuhan anggaran sebesar 20% dalam bidang pendidikan pada setiap tahun anggaran, meskipun dari alokasi anggaran pendidikan tersebut, masih terdapat unsur belanja pegawai yang mencapai lebih dari 50%. Sunarta juga mengatakan bahwa saat ini tersedia potensi untuk berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam pengembangan sumberdaya manusia melalui alokasi dana desa. Disamping itu keberadaan stake holder pendidikan dari sektor swasta juga memiliki potensi untuk membantu pendidikan melalui pemanfaatan CSR. Kedepannya DPRD Kabupaten Karangasem akan selalu siap mengawal perencanaan anggaran pendidikan, jika perencanaan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan yang berbasis data capaian pendidikan serta terlebih dahulu harus melalui pembahasan pada OPD terkait seperti dinas pendidikan dan badan perencanaan pembangunan daerah.

Lebih jauh Kepala BPMP Provinsi Bali mengharapkan akan selalu terjalin komunikasi yang intensif antara Kemendikbudristek melalui BPMP Provinsi Bali dengan DPRD sehingga dapat menguatkan kolaborasi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Karangasem. (mas)

Sumber: https://www.facebook.com/100021257221576/posts/pfbid0RbrAjgrNaWejQFGFwPHNJDMGi24GNcyZpKJXakxf76TaNA6X1Pf27geecMfaaS2Wl/

  • Dibaca: 395 Pengunjung
  • |
  • 21 September 2022