• Dibaca: 1960 Pengunjung

Key Performance Indicator (KPI) digunakan untuk mengukur dan mengetahui capaian performa kinerja pegawai. Tiap perusahaan dan lembaga memiliki indikator yang berbeda dalam menentukan KPI pegawai. Pengelolaan data dan pemantauan kinerja secara konvensional cenderung menghabiskan banyak waktu dan acapkali menimbulkan persoalan personal di internal.  

Survei yang dilakukan di berbagai perusahaan dan lembaga Pendidikan serta FGD dengan beberapa HRM menunjukkan fenomena di bagian kepegawaian. Adapun fenomena tersebut adalah:

  1. kekurangjelasan atau sosialisasi uraian tugas harian (daily task) dalam sebuah tim kerja 
  2. biasnya monitoring dan evaluasi ketercapaian kinerja teamwork sehingga sering sulit membedakan persoalan profesional dan personal di perusahaan atau lembaga
  3. kurang akurat dan terkininya data SDM, data efektivitas dan efisiensi teamwork
  4. biasnya KPI dan kebijakan merit system
  5. tidak adanya instrumen yang integratif dan bersifat mobile-friendly untuk mengetahui presensi, data efektifitas dan efisiensi saat WFO, WFH, WFF, WOD atau WEH

Memahami hal ini, Pusat Sains Data dan Teknologi Informasi, Denpasar Insitute bekerja sama dengan CV. Indoapps Intertech Solution mengembangkan aplikasi Mobile Performance List (MPL).

Manfaat aplikasi MPL bagi perusahaan dan lembaga pendidikan mencakup:

  1. pegawai melakukan presensi secara real time melalui handphone dan pegawai memahami akumulasi kinerjanya saat WFO, WFH, WFF, WOD atau WEH

  2. pegawai dapat mengetahui dan menilai sendiri kinerjanya secara mandiri dan diketahui secara harian, mingguan, bulanan dan real time

  3. memudahkan koordinasi dan pengelolaan akurasi kinerja teamwork

  4. teamwork data history dan personal profiling terfokus pada self-responsibility & self-assessment

  5. otomatisasi dan transparansi administrasi SDM, termasuk transparansi gaji pada masing-masing akun pegawai

  6. otomatisasi sistem informasi SDM seperti pengajuan cuti, persetujuan dan jumlah cuti, reward & punishment, laporan klaim asuransi, rekap ultah anggota teamwork, dan penilaian kinerja tim berbasis daily report
  7. rencana dan laporan kinerja anggota teamwork dapat diperoleh secara akurat dan berjenjang
  8. informasi kinerja anggota teamwork berbasis  statistical diagram display untuk memudahkan pengambilan keputusan  
  9. meningkatkan profesionalisme dan akurasi kinerja teamwork

BAGI DOSEN, aplikasi MPL dapat dimanfaatkan untuk rekap kinerja Tri Dharma PT secara praktis dan real time. Aplikasi MPL dosen dilengkapi fitur penjumlahan otomatis nilai angka kredit (kum) sesuai DUPAK untuk ajuan jenjang jabatan akademik dosen secara berkala dan memudahkan isian laporan BKD.

Guru juga dapat memanfaatkan aplikasi MPL khusus guru untuk rekap kinerja secara praktis dan real time. Aplikasi MPL khusus guru juga sudah dilengkapi fitur penjumlahan otomatis nilai angka kredit (kum) untuk ajuan jabatan fungsional guru berikutnya.

Aplikasi MPL juga dilengkapi fitur profil lembaga, kalender kerja, weekly plan, data administrasi untuk keperluan akreditasi, pengaturan cash flow, purchasing, dan inventory barang untuk memantau efisiensi kinerja pegawai dan kinerja lembaga secara real time.

Aplikasi MPL membantu pegawai dan pengelola SDM dalam mengukur performa secara mandiri, praktis dan efisien sesuai jadwal dan uraian tugas melalui satu aplikasi terintegrasi nan akurat. 

Pimpinan perusahaan dan pengelola lembaga pendidikan dapat memanfaatkan aplikasi MPL untuk persiapan proses akreditasi dan menangani berbagai fungsi administrasi HR secara praktis; mulai dari presensi, monitoring dan evaluasi kinerja mandiri serta pemerolehan data visual untuk memudahkan pengambilan keputusan.

Untuk mengambil keputusan terhadap efektivitas teamwork, pimpinan memerlukan data akurat dan update. Indoapps Intertech Solution menyediakan solusi untuk mencapai target tersebut. Keamanan, keakuratan dan kenyamanan pengelolaan kinerja teamwork dilakukan dengan strict access security system menggunakan username dan password serta disclaimer layaknya cloud-based apps system yang berlaku di seluruh dunia.

Sebagai comprehensive integrated apps system, aplikasi MPL sudah terverifikasi dan tercatat sebagai hak kekayaan intelektual di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual KEMENKUMHAM Republik Indonesia dengan kode daftar verifikasi No. EC00202135704 dan HKI No. 000262217. Menjiplak sebagian atau keseluruhan aplikasi ini dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Selain pemanfaatan aplikasi MPL, program lain yang dapat dikolaborasikan adalah:

  1. Program Plagiarism Check (www.plagiarismcheck.denpasarinstitute.com)
  2. Program E-learning Development System (EDS) yang disesuaikan dengan kebutuhan akreditasi lembaga dan monitoring proses pembelajaran secara real time
  3. Pengembangan dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah berbasis OJS dilengkapi DOI
  4. Pengembangan Institutional Repository sesuai kebutuhan akreditasi lembaga
  5. Pengembangan Sistem Informasi Pendidikan (SIDIK)
  6. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMAS)
  7. Pengembangan Website dilengkapi dengan Domain dan Hosting
  8. Pengembangan Virtual Magazine dan Company Profile berbasis aplikasi
  9. Penyediaan IT software & hardware dan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan partners

Untuk daftar trial penggunaan aplikasi MPL, silahkan hubungi kami