Pengembangan SOP

  • Dibaca: 453 Pengunjung

Standar Operasional Prosedur (SOP) mampu memberi berbagai macam keuntungan bagi perusahaan salah satunya adalah untuk mengembangkan sumber daya manusia.

Dari implementasi SOP pelatihan dan pengembangan SDM dapat dketahui bahwa ada berbagai macam aspek kompetensi yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan implementasi SOP bagi setiap karyawan.  SOP di dalam perusahaan sangatlah penting diterapkan untuk memberi pelatihan serta pengembangan SDM.

Prosedur penyusunan SOP merupakan sebuah siklus, yang dimulai dari penilaian kebutuhan SOP (SOP Need Assessment), pengembangan SOP (SOP Development), penerapan SOP (SOP lmplementation), hingga monitoring dan evaluasi SOP (SOP Monitoring and Evaluation) dan jika dari hasil evaluasi perlu dilakukan penyempurnaan ataupun pembuatan SOP yang baru, maka proses dimulai kembali dari tahapan penilaian kebutuhan SOP.

Berdasarkan Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008,  manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
  2. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  3. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
  7. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  9. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

Denpasar Institute menyediakan jasa pengembangan SOP untuk dapat memenuhi kebutuhan organisasi yang sesuai dengan karakter organisasi dan cakupan kerja lembaga atau perusahaan.

Pergulatan bisnis menunjukkan bahwa organisasi akan mampu bertahan dan terus berkembang jika memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan terukur.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait program ini