Line Resmi Luncurkan Bank Digital di Indonesia

  • Dibaca: 469 Pengunjung
  • |
  • 10 Juni 2021

Ilustrasi Line Bank

Layanan bank digital dari Line akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. Layanan yang bernama Line Bank itu adalah hasil kolaborasi antara Line dan PT Bank KEB Hana Indonesia. Line Bank merupakan aplikasi terpisah dari layanan Line utama. Aplikasi Line Bank saat ini sudah bisa diunduh pengguna Android lewat Google Play Store di tautan ini dan pengguna iOS di App Store di tautan berikut. Perwakilan Line Indonesia mengatakan, Line Bank sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Line juga menawarkan promo berupa cashback senilai Rp 150.000 bagi calon nasabah yang melakukan pembukaan rekening.

 

Promo ini berlaku mulai 10 Juni hingga 31 Agustus 2021. Program ini berlaku bagi nasabah baru PT Bank KEB Hana Indonesia, yang melakukan pembukaan tabungan Line Bank lewat aplikasi Line Bank. Syarat dan ketentuan berlaku untuk promo tersebut, selengkapnya bisa dilihat di laman berikut. Proses pendaftaran dan pembukaan rekening sepenuhnya dilakukan secara online. Untuk membuka rekening, calon nasabah harus lebih dulu melakukan pendaftaran di aplikasi Line Bank dan menyiapkan beberapa syarat seperti e-KTP asli dan e-mail yang masih aktif.

Calon nasabah adalah WNI dengan usia minimal 17 tahun. Tahap pembukaan rekening selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut. Nantinya, pengguna juga akan diminta untuk verifikasi data melalui video call atau mengunjungi cabang Bank KEB Hana terdekat. Dari pantauan KompasTekno di ulasan aplikasi Line Bank di Play Store, beberapa calon nasabah mengeluhkan sistem kerap error, terutama saat melakukan verifikasi data. Pihak Line Indonesia mengatakan saat ini sistem sedang sibuk karena antrean pendaftaran.

 

Layanan Line Bank


Line Bank menawarkan sejumlah layanan, mulai dari tabungan, kartu debit, deposito, dan pembayaran digital. Semua layanan bisa dilakukan secara digital tanpa harus mengunjungi bank. Nasabah juga bisa melakukan tarik tunai dari ATM Hana Bank dengan Kartu Debit Line Bank atau melakukan penarikan tunai di ATM bank lain.


Di Indonesia, Line Bank merupakan buah dari akuisisi Line Financial Asia terhadap PT Bank KEB Hana, anak perusahaan Hana ZBank asal Korea Selatan pada tahun 2018 lalu. Saat itu, Line mengakuisisi 20 persen saham PT Bank KEB Hana Indonesia dan menjadi pemegang saham terbesar kedua di bank tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Crunch. Sebelum hadir di Indonesia, Line telah meluncurkan layanan perbankan di Thailand pada Oktober tahun lalu, melalui kerja sama dengan Kasikorn Vision Company, anak perusahaan Kasikorn Bank. Layanan perbankan Line juga telah hadir di Taiwan dan telah mengantongi lisensi bank digital dari Financial Supervisory Commission pada awal tahun ini.

 

Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2021/06/10/12373337/line-resmi-luncurkan-bank-digital-di-indonesia

  • Dibaca: 469 Pengunjung
  • |
  • 10 Juni 2021