Kegiatan Research and Development oleh Denpasar Institute untuk BP PAUD dan DIKMAS Propinsi Papua

  • Dibaca: 426 Pengunjung

Denpasar Institute dan Para Peserta DIKLAT

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang paling fundamental, masa pembentukan karakter. Disamping orang tua di rumah, peran guru di sekolah juga menempati posisi paling atas dan bertanggungjawab besar untuk perkembangan anak. Model pembelajaran yang tepat diterapkan di sekolah menjadi fokus utama Karena model pembelajaran mencakup materi ajar, RPP, penilaian, dan media pembelajaran. Produk pendidikan bisa dikembangkan dari model pembelajaran ini.

Terkait dengan hal tersebut diatas, BP PAUD & DIKMAS Propinsi Papua memandang fenomena dunia pendidikan anak usia dini sebagai hal serius yang harus diberikan fokus serta perhatian besar. Langkah pertama yang dilakukan yakni melakukan Research & Development dalam rangka pengembangan model pembelajaran bagi para guru PAUD di Papua. Sebanyak 13 peserta mengikuti Diklat yang dilaksanakan dari Selasa, 25 Pebruari 2020 hingga Jumat, 28 Pebruari 2020. Pelatihan dilaksanakan di The Vasini Hotel, Jl.WR.Supratman No.288, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur. Acara Diklat ini didukung oleh Denpasar Hotel School, Denpasar Institute Press, LKPK Indokom, Fokusindo, Indo Bali Tour, dan Jubilee.

Di Hari pertama Diklat, Selasa, 25 Pebruari 2020 materi dibawakan oleh Dr.I Nengah Laba dengan materi “Pengenalan Riset&Pengembangan” serta “Pengembangan Produk Pendidikan Berdasarkan Siklus R&D”. Materi kedua disampaikan oleh Gde Palguna Reganata, S.Si,M.Si. dengan topik “ Riset Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method”  dan “Desain Riset”. Di hari kedua, Rabu, 26 Pebruari 2020 hadir Prof.Dr.Putu Kerti Nitiasih,M.A., yang membawakan materi “Riset Pengembangan Proses dan Produk Pembelajaran” kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke BP-PAUD dan DIKMAS Prov.Bali. Kunjungan ini didampingi oleh Bapak Ketua Yayasan Dr.I Nengah Laba dan Direktur Denpasar Institute I Made Dwija Suastana,S.H.,M.H. Hari ketiga, Kamis, 27 Pebruari 2020, terdapat tiga pembicara yakni Dr.Ida Bagus Nyoman Mantra,M.Pd., Dr.I Gede Astawa,S.Pd.,M.Hum., dan Dr.I Gusti Rai Utama,M.A. Di hari ketiga, diklat berfokus pada materi riset pengembangan kurikulum, pengembangan evaluasi pembelajaran, media pembelajaran, dan teknologi pembelajaran. Usai makan siang, peserta melakukan kunjungan lapangan ke Denpasar Institute, LKP Agung, dan PKBM Agung. Di hari terakhir diklat, dilakukan studi kasus (praktek) yang dipandu oleh Gde Palguna Reganata, S.Si.,M.Si. dan Dr.I Nengah Laba.

Koordinator pamong BP PAUD dan DIKMAS Propinsi Papua, Bapak L.M.Arifin,S.Pd.,M.A. memberikan apresiasi positif untuk Denpasar Institute berkaitan dengan Diklat yang dilakukan selama 4 hari dengan jadwal yang sangat padat sehingga seluruh peserta mendapatkan penyegaran serta inspirasi untuk mengembangkan Model pembelajaran di Papua. Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari di Bali ini diharapkan mampu memberikan motivasi serta kemajuan bagi pendidikan PAUD di Propinsi Papua di tengah kemajuan teknologi dan informasi serta tuntutan jaman yang mengharapkan output berupa generasi penerus yang memiliki pengetahuan, skill, attitude, IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient).

 

  • Dibaca: 426 Pengunjung